Kelahiran Gerakan 20 Mei atau disingkat G20 MEI pada tanggal 20 Mei 2014 lalu di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur diilhami oleh Semangat, Cita-cita dan janji kemerdekaan Republik untuk memberikan keadilan dan kesejahteraan kepada rakyat Indonesia berdasarkan UUD 1945. Menyadari pentingnya arti keadilan dan kesejahteraan, maka kebersamaan dalam mengapai cita-cita sangat dibutuhkan. Tentunya kebersamaan yang terbangun didahului oleh sikap peduli dan berhimpun dalam sebuah organisasi kebangsaan yang kuat.

Tantangan dalam pembangunan sangat kuat dan datang bergelombang. Sehingga kesatuan gerakan, kepedulian dan ketulusan budi menjadi modal besar untuk berjuang mewujudkan cita-cita. Begitulah secara garis besar yang melatarbelakangi kelahiran G20Mei, sebuah gerakan Intelektual dan kekeluargaan yang berjuang mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di kabupaten Kutai Timur. Di era globalisasi seperti sekarang ini, bangsa kita sendiri seperti orang-orang miskin yang memilki kepedulian pembangunan. Bentuk kongkrit kepedulian terhadap organisasi diwujudkan dalam berbagai bentuk, salah satunya melalui kegiatan aktif memberikan sumbangan pemikiran dan kelestarian lingkungan serta kearifan lokal di Kalimantan Timur.

Dalam rangka menjalankan fungsi organisasi, maka untuk meningkatkan wawasan dan kualitas kemampuan organisasi G20 MEI, telah ditempuh berbagai upaya  diantarannya, Pertama meningkatkan kualitas SDM G20 MEI sebagai manusia spiritual dan intelektual yang dilandasi dengan semangat kekeluargan dan kesetiakawanan dan kegotongroyongan. Kedua, melakukan kajian dan diskusi ilmiah yang berhubungan dengan kebijakan publik secara komperensif dan holistik melalui proses yang dinamis serta berkelanjutan. Ketiga, membangun kerjasama kemitraan dengan lembaga lintas sektoral, baik pemerintah maupu swasta berdasarkan kesamaan visi dan misi untuk menggerakkan dan menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat. Keempat, Upaya lain tidak bertentangan dengan rule of games organisasi dan peraturan perundang undangan.

 

Ketua Umum G20 MEI

Irwan, SI.P, MP

Facebook Comments